PERAN MEDIA SOSIAL BAGI KOMUNITAS TRANSPORTASI ONLINE

Authors

  • Ahmad Ikhsan IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v4i3.5995

Abstract

Globalisasi merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh masyarakat sekarang ini, globalisasi mampu meyakinkan masyarakat Indonesia bahwa liberalisme dapat membawa kemajuan dan kemakmuran. Sehingga menciptakan kecanggihan teknologi seperti sekarang ini dan membuat kita ikut andil dalam menikmati kecanggihan teknologi. Terlebih lagi setiap industri memerlukan metode untuk memasarkan produk atau jasanya dengan sedemikian rupa, mulai dari cara yang tradisional maupun modern yang berbasis internet. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat akan informasi.

 

Masyarakat sekarang ini membutuhkan sesuatu yang sifatnya instan, dan praktis dalam menunujang kehidupan mereka. Munculnya aplikasi-aplikasi online atau mobile application hadir diciptakan untuk mengatasi permasalahan-permasalahan yang ada dalam masyarakat, seperti  transportasi online.

 

Peran media dalam kehidupan sehari-hari yakni sebagai komunikator serta agen of change dan sarana interaksi. Media memiliki peran yang sangat penting sehingga posisi media masapun menjadi penting dalam masyarakat. Sebagai bentuk dari pentingnya media dapat dilihat dari pengaruh yang dirasakan oleh masyarakat, mulai dari aspek kognitif, afektif, hingga konatif dari media massa dan dampak positif negatif dari media sosial.

 

Berdasarkan analisis dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media sosial berpengaruh terhadap penyebaran informasi di dalam komunitas transportasi online. Fitur-fitur aplikasi media sosial yang dapat dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi antara lain Chat Group, foto, video, pesan suara, dan dokumen. Pemanfaatan media sosial adalah untuk berkomunikasi dengan para anggota grup komunitas, menyebarkan informasi berupa pengumuman hingga membagikan beberapa hiburan.  Namun, ada kendala yang dihadapi ketika menggunakan media sosial dalam menyebarkan informasi yaitu terjadinya kesalahpahaman atau miss communication karena tidak semua orang memiliki penafsiran yang sama dalam menerima informasi. Dari hasil uji angket, menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial Whatsapp memiliki pengaruh sebesar 77% sedangkan Telegram memiliki pengaruh sebesar 64%. Hal itu harus didasari juga dengan batasan-batasan penggunaan media sosial agar tidak meyalahgunakan fitur-fitur media sosial tersebut.

Author Biography

Ahmad Ikhsan, IKIP Siliwangi

komunitas ojek online

References

Agustin, A. 2017. Persepsi Masyarakat Terhadap Penggunaan Transportasi Online (Go-Jek) Di Surabaya dalam Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 6, Nomor 9, September 2017, ISSN : 2461-0593.

Anindhita, W., Arisanty, M., Rahmawati, D. (2016). Analisis Penerapan Teknologi Komunikasi Tepat Guna Pada Bisnis Transportasi Ojek Online (Studi pada Bisnis Gojek dan Grab Bike dalam Penggunaan Teknologi Komuniasi Tepat Guna untuk Mengembangkan Bisnis Transportasi). Prosiding Seminar Nasional INDOCOMPAC.

Anwar, A. A. (2017). Online vs Konvensional: Keunggulan Dan Konflik Antar Moda Transportasi Di Kota Makassar. Jurnal Etnografi Indonesia, 2 (2), 220–246.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik, Cet. 13. Jakarta: Rineka Cipta.

Fakhriyah, Prilalianty. (2020). Pengaruh Layanan Transportasi Online (Gojek) Terhadap Perluasan Lapangan Kerja Bagi Masyarakat Di Kota Cimahi. Jurnal Comm-Edu Volume 3, No. 1, January 2020 pp 34-41.

Hidayanti, Rafika., S. Martunis Yahya. (2017). Peran Media Baru Dalam Membentuk Komunitas Virtual (Studi Pada Mahasiswa yang Bergabung Dalam Komunitas Acehvidgram di Instagram). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah. Volume , Nomor 2: 47-66 Mei 2017.

Imron, A.S., Wardani. N.H., Rokhmawati. R.I. (2018). Analisis Pengaruh Pemasaran Media Sosial Terhadap Loyalitas Konsumen: Studi Pada Transportasi Online (Go-Jek Indonesia).

Jogiyanto, HM. (2001). Pengertian Aplikasi dan perkembangannya. Yogyakarta: Andi Ofset.

Juwita, Elsa Puji., Dasim Budimansyah., Siti Nurbayani. Peran Media Sosial Terhadap Gaya Hidup Siswa SMA Negeri 5 Bandung. Jurnal Sosietas, Vol. 5, No. 1.

Khatimah, Husnul. (2018). Posisi Dan Peran Media Dalam Kehidupan Masyarakat. Tasâmuh Volume 16, No. 1, Desember 2018.

Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

McLuhan, M., & Quentin Fiore, The Medium is The Massage. New York: Bantam Books, 1967.

Nathalia, Henry Brown., Irwansyah. (2018). Aplikasi Transportasi Online GO-JEK Bentuk dari Konstruksi Sosial Teknologi dalam Media Baru. MediaTor, Vol 11 (2), Desember 2018, 227-235.

Nurrizka, Annisa Fitrah. (2016). Peran Media Sosial di Era Globalisasi Pada Remaja di Surakarta Suatu Kajian Teoritis dan Praktis Terhadap Remaja dalam Perspektif Perubahan Sosial. Jurnal Analisa Sosiologi April 2016, 5(1): 28-37.

Pawito. 2007. Penelitian Komunikasi Kualitatif. Yogyakarta: LKIS.

Postman, Neil. (1992). Technopoly The Surrendeer of Culture to Technology. United State: Vintage Books.

Priliantini, Anjang., Damayanti. (2018). Peran Media Sosial “Facebook†Dalam Membentuk Solidaritas Kelompok Pada Aksi 411 Dan 212. Jurnal Komunikasi, Media dan Informatika, Vol. 7 No. 1.

Putri, Dibyareswari Utami. 2012. Peran Media Baru Dalam Membentuk Gerakan Sosial (studi kasus pada individu yang terlibat dalam IndonesiaUnite di Twitter). Skripsi. FISIP Universitas Indonesia.

Ruslan, Rosady. 2010. Metodologi Penelitian Public Relations dan Komunikasi cetakan ke-5. Rajawali Pers. Jakarta.

Sigit Kusumawijaya. 2014. Komunitas Online di Era Media Sosial dan Perannya dalam Menciptakan Ruang Publik. (http//membacaruang.com/komunitasonline-di-era-media-sosial-dan-perannya-dalam-menciptakan-ruangpublik/). Diakses: 7 Desember 2015

Simbolon, A., Siahaan, L.M. (2019). Dampak Transportasi Online (Go-Ride) Terhadap Penurunan Angka Pengangguran Di Kota Medan. Jurnal Kajian Ekonomi dan Kebijakan Publik. ISSN: 22527-2772 Vol. 4 No. 2 Juli 2019.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. 2013. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryani, I. (2014). Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat). Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X. Volume 8, Nomor 2, April 2014.

Sztompka, P. 2004. Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Wahyudi, H. S., & Sukmasari, M. P. (2018). Teknologi dan Kehidupan Masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi,3(1).

Wahyusetyawati, E. (2017). Dilema pengaturan transportasi online. Jurnal Rechtvinding 6(2).

Yin, K, Robert. 2006. Studi Kasus Desain & Metode. PT. RajaGrafindo Persada. Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-22