OUTBOUND BERBASIS KARAKTER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Hana Yunaida IKIP Siliwangi
  • Tita Rosita IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i1.62

Keywords:

outbound, karakter, pembelajaran, anak usia dini

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena adanya distorsi antara konsep dan muatan nilai yang tercermin dalam sumber-sumber normatif konstitusional dengan fenomena sosial, kultural, politik, ideologis dan religi. Yang menjadi subyek penelitian, yaitu 20 orang dan dijadikan sample penelitian sebanyak 8 orang, yaitu 1 orang pengelola, 2 orang tutor, dan 5 orang peserta didik. Salah satu penyebabnya adalah sistem pendidikan yang terlalu berorientasi pada pengembangan otak kiri/kognitif dengan taksonomi terendah yakni remembering atau transfer of knowledge dan kurang memperhatikan pengembangan otak kanan (afektif, empati, dan rasa). Pengembangan karakter merupakan optimalisasi fungsi otak kanan yang harus dimulai dari anak usia dini. Oleh karena itu perlu diteliti bagaimana outbound berbasis karekter sebagai media pemeblajaran anak usia dini. implementasi pendidikan karakter di Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. dengan metode deskriptif analitik yakni penulis bermaksud menggambarkan proses outbound berbasis karakter sebagai media pembelajaran anak usia dini di TK Aisyiyah 6 Kota Bandung, yang menjadi sample penelitiannya sebanyak 8 orang, yiatu 1 orang pengelola, 2 orang guru, dan 5 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, studi dokumentasi dan studi pustaka. Sumber data utama adalah kata-kata dan tindakan peserta didik, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, siswa dan orang tua.  Hasil temuan implementasi outbound berbasis karakter pada anak usia dini sebagai berikut: 1) Kegiatan pembelajaran di TK Aisyiyah 6 telah mengacu pada kurikulum tiga belas yaitu pembelajaran karakter, dengan metode pembiasaan dan keteladanan; 2) Metode pembelajaran karakter untuk anak usia dini Berbasis Karakter telah menjadi rujukan bagi pelaksanaan pendidikan karakter di TK Aisyiyah 6; 3) Sebagian siswa-siswa TK Aisyiyah 6 telah mengetahui, memahami dan melakukan nilai-nilai karakter yang dibelajarkan, seperti bekerja sama, kemandirian, disiplin, kejujuran, hormat dan santun, baik dan rendah hati.

Downloads

Published

2018-01-20