Upaya LKP LUCKY dalam Meningkatkan Keterampilan Melalui Program Kursus Menjahit

Authors

  • tita sukmawati ikip siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.696

Keywords:

program kursus menjahit, upaya LKP Lucky

Abstract

Penelitian tentang Upaya Lkp lucky dalam meningkatkan keterampilan melalui program kursus menjahit merupakan salah satu program pendidikan luar sekolah yang memberikan keterampilan khusus kepada peserta didik sehingga memiliki keterampilan sebagai penunjang terciptanya lapangan pekerjaan sebagai bekal untuk mandiri.Dirumuskan masalah bagaimana Masyarakat dilingkungan desa tanimulya khusunya kaum perempuan ,ibu-ibu rumah tangga terutama yang tidak bekerja untuk mempunyai keahlian dalam bidang menjahit,kurangnya minat SStkpeserta kursus diLKP Lucky,kurangnya sosialisasi ke masyarakat bahwa dilingkungan desa Tanimulya ada kursus menjahit. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan rumusan masalah diatas.

Penelitian menggunakan metode kualitatif, yaitu subjek data berasal dari peserta didik kaum perempuan ,muda mudi dan ibu rumah tangga yang tidak bekerja. Pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Upaya Lkp lucky dalam meningkatkan keterampilan melalui program kursus menjahit telah berhasil dan memberdayakan kaum perempuan.Hasil belajar secara teori maupun praktek dikuasai oleh peserta didik dengan baik,Seperti pelajaran mulai dari mengukur dimensi badan,desain pola,pakaian,pecah pola dengan menggunakan petrum,perancangan kebutuhan bahan baku,teknik cara menggunting pada kain,teknik dan tata cara menjahit mengkombinasikan model pakaian.

Downloads

Published

2018-05-27