OPTIMALISASI PARTISIPASI ORANG TUA MELALUI PROGRAM PARENTING DI LEMBAGA PAUD SRIKANDI

Authors

  • oom saromah IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i2.908

Keywords:

Partisipasi Orangtua, Parenting, PAUD

Abstract

Seiring dengan peningkatan jumlah satuan PAUD saat ini menyebabkan penuruanan jumlah siswa pada PAUD Srikandi yakni pada tahun 2015 berjumlah 36 siswa, 2016 berjumlah 22 siswa dan pada tahun 2017 dan 2018 berjumlah 16 siswa. Hal ini mengindikasikan masih banyak ketidakseimbangan dengan upaya pengoptimalan lembaga PAUD, diantaranya adalah kurangnya partisispasi orang tua. Sedangkan partisipasi orangtua terhadap pendidikan PAUD sangatlah berpengaruh terhadap anak, dan keberlangsungan lembaga PAUD. Tujuan penelitiannya untuk mengetahui: (1) Bagaimana strategi pengelola lembaga untuk mengoptimalisasikan partisispasi orangtua melalui program parenting? (2) Bagaimana bentuk program yang digunakan pengelola untuk mengoptimalisasikan partsisipasi melalui program parenting? (3) Bagaimana hasil yang diperoleh dengan adanya optimalisasi partisipasi orang tua melalui program parenting? program parenting diperuntukkan bagi orang dewasa dalam lingkungan masyarakatnya, agar mereka dapat mengembangkan kemampuan, memperkaya pengetahuan, meningkatkan keterampilan dan profesi yang telah dimiliki, memperoleh cara-cara baru, serta mengubah sikap dan perilaku orang dewasa dan anak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif  melalui teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan angket. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa sebanyak 16 orang, pengelola, serta tutor. Lokasi penelitian ini di lakukan di PAUD Srikandi. Hasil yang diraih dari penelitian ini adalah partisipasi orang tua terhadap program yang di selenggerakan lembaga PAUD dinilai masih sangat kurang sehingga terdapat upaya pengelola untuk mengoptimalkan partisipasi orang tua melalui beberapa strategi diantaranya mengadakan keterampilan tataboga yang di lakukan oleh para turtor dan pengelola, serta meningkatkan kompetensi guru melalui pelatihan, namun orangtua tetap kurang berpartisipasi dikarenakan faktor jarak dan kesempatan waktu.

Downloads

Published

2018-05-27