HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KECEMASAN DENGAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA DI KOTA BANDUNG

Authors

  • Dea Firly Zavera S J Universitas Nasional Pasim
  • Maya Masyita Suherman IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v1i3.2679

Abstract

Prestasi akademik merupakan suatu pencapaian dari tiap individu. Namun ada beberapa hal yang dapat mempengaruhi pencapaian prestasi akademik, diantaranya adalah kecemasan. Kecemasan yaitu kondisi dimana seseorang merasa khawatir terhadap sesautau baik itu kemampuan dirinya maupun perasan tidak tenang yang nantinya akan memberikan pengaruh terhadap prestasi akademiknya.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari informasi terkait hal-hal yang dapat menjadi penyebab mahasiswa mengalami kecemasan dalam proses belajar.  Metode dalam peneitian ini adalah metode survey dengan menggunakan angket. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa perguruan tinggi di kota Bandung. Teknik sampling yang digunakan pada penilitian ini adalah simple random sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Kuesioner dilakukan melalui aplikasi google form yang dapat diakses langsung oleh para responden.

 

Kata Kunci: kecemasan, prestasi akademik 

References

Lewis, et al. 2011. Medical Surgical Nursing Assesment and Management of Clinical Problems Volume 2. Mosby: ELSEVIER.

Luana. et al (2012). Kecemasan pada Penderita Penyakit Ginjal Kronik yang Menjalani Hemodialisis di RS Universitas Kristen Indonesia. Media Medika Indonesia, 46 (3). file://user/Downloads/4571-9974-1-SM.pdf

Widodo, S.A., Laelasari, Sari, M.R., Nur, I.R.D., Putriaanti, F.G., 2017. Analisis Faktor Tingkat Kecemasan, Motivasi dan Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Taman Cendekia Vol. 01. 67

Suratmi, Abdullah, R., Taufik, M., 2017. Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Hasil Belajar Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi UNIRTA. Jurnal Pembelajaran Biologi. Vol 04. 1:71

Hashmat, S., Hashmat, M., Amanul H, f., Aziz, S., 2008. Factors Causing Exam Anxiety in Medical Students. Journal of Pakistan Medical Association. 58:167-170

Ratih, A.N. (2012). Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Koping Siswa SMUN 16 Dalam Menghadapi Ujian Nasional. Skripsi. Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. Depok

Singh,Y.G., 2009. Level of Academic Anxiety: Self Confidence and Their Relation with Academic Achievement in Secondary Students. International Research Journal. 1:12-13

Sanitiara, Nazriati, E., Firdaus., 2014. Hubungan Kecemasan Akademis dengan Regulasi Diri dalam Belajar pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun 2013/2014. JOM FK. 1:1-9

Sugiyono, 2018, Metoodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, Bandung.

Downloads

Published

2018-05-03