GAMBARAN UNDERACHIEVER SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Authors

  • Thalia Prilian Gantiny IKIP SILIWANGI
  • Heris Hendriana IKIP SILIWANGI
  • Maya Masyita Suherman IKIP SILIWANGI

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v3i1.4213

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya siswa SMP yang mengalami prestasi yang kurang sesuai dengan potensi yang mereka miliki, atau kata lainnya biasa di sebut juga dengan underachiever. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran siswa kelas IX  yang mengalami Underachiever di SMP 2 Cipatat. Kehadiran anak underachiever adalah salah satu fenomena yang masih terjadi di Indonesia. Seorang siswa yang dapat dikategorikan underachiever yaitu ketika adanya ketidak sesuaian antara kapasitas intelektual yang mereka miliki dilihat dari kecerdasan atau IQ tinggi dengan prestasi akademik yang mereka raih di sekolahnya. Banyak faktor yang bisa menyebabkan siswa menjadi underachiever. Salah satu penyebabnya adalah metode pengajaran guru yang tidak bisa dinikmati oleh siswa sebagaimana mestinya. Penyebab lainya yaitu gaya belajar siswa yang tidak bisa diakomodasi di kelas. Hal ini sering dikaitkan dengan underachiever berbakat . Penilitian ini menggunakan metode deskripsi kualitatif . Teknik pengumpulan data yang di gunakan adalah observasi, interview, dan dari pihak pihak yang mengetahui tentang data yang peneliti butuhkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa untuk membantu siswa memahami kondisi underachievermembutukan bimbingan dan konseling yang mendalam agar anak dapat menyesuaikan diri saat belajar di kelas. Peran orang tua dalam penjagaan anak dengan masalah  dapat berpengaruh positif pada perkembangan anak yang mengalami underachiever

 

Kata Kunci: Underachiever, Siswa SMP

References

Abdul, Eko, S. 2010. Penerapan Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Berprestasi Kurang (underachiever). e-journal UNESA, Vol. I no (2). Tersedia: ejournal.unesa.ac.id/article/7915/75/pdf

Gustian, E. 2002. Menangani anak underachiever : Anak cerdas dengan prestasi rendah. Jakarta : Puspa Swara.

Moleong, Lexy J. 1989. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rafika Rahmawati. (2013). Bimbingan dan Konseling untuk Anak Underachiever. Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.http://digilib.uinsby. ac.id/3305/4/Bab%201.pdf

Runikasari, S. 2008. Memotivasi Remaja Underachiever. Depok: Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia.

Santrock, J. W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika.

Sulistiana, D. 2009. Program Bimbingan Bagi Siswa Underachiever. Skripsi, idak DIterbitkan. Lampung: Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, Unila.

Syah, M. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prayitno & Amti, 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Renika Cipta

Utami Munandar, (2004). Pengembangan Kreatifitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Downloads

Published

2020-01-09