GAMBARAN SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA YANG MENGALAMI KECANDUAN GAME ONLINE

Authors

  • Cahyana Cahyana IKIP SILIWANGI
  • Euis Eti Rohaeti IKIP SILIWANGI
  • Maya Masyita Suherman

DOI:

https://doi.org/10.22460/fokus.v3i2.4222

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui gambaran siswa SMP yang mengalami kecanduan game online di salah satu sekolah SMP yang berada di  Kecamatan  Cikalongwetan Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi di lapangan, dengan fenomena yang terjadi saat ini yaitu banyaknya siswa yang bermain game online. Metode yang digunakan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dengan cara  wawancara dan observasi. Subjek penelitian yaitu 3 siswa yang mengalami kecanduan game online dan guru BK. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa tersebut mengalami kecanduan game online mobile legends karena mereka setiap harinya bermain sehingga menghabiskan waktu sepulang sekolah 4 sampai  6 jam lebih mereka bermain game tersebut. Akibatnya 3 siswa yang kecanduan tersebut sering bolos sekolah, motivasi belajar kurang, sering mengantuk bahkan tidur di kelas saat belajar berlangsung. 

Kata Kunci: Game online, Siswa SMP

References

Chandika.2012. Tugas Penelitian tentang game online. http://chandhandika.blogspot.com/2012/02/tugas-penelitian-tentang-game-online. html (Di akses pada Jum’at 10 Mei 2020 pukul 20.5 WIB)

Charlton, J. P., & Ian D. W. D. (2007). Distinguishing Addiction and High Engagement in the Context of Online Game Playing. Journal Articles Psychology.

Gede Eko, Reddy S.H., Agus Hermawan, dan Syahirul Achmad. (2009). Intranet/Internet Game Online. Makalah. Fakultas Teknologi Industri UPN Veteran Yogyakarta.

Lee, I., Chen, Y., & Holim, L. (2007). “Leaving A Never-Ending Game: Quitting MMORPGS and online gaming addicitionâ€. Authors & Digital Games Research Association (DIGRA), hlm. 211-217.

Lemmens, J. S., Valkenburg, P. M., &Peter, J. (2009). Development andvalidation of a game addiction scalefor adolescents. The AmsterdamSchool of Communications Research, 12(2), 77-95.

Masfiah, S., & Putri, R. V. (2019). Gambaran Motivasi Belajar Siswa yang Kecanduan Game Online. Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(1), 1-8.

Young, K.S., & Abreu, C.N.D. (2011). Internet Addiction: A handbook and guide to evaluation and treatment. Canada: JohnWiley & Sons, Inc.

Young, K. (2009). Understanding online gaming addiction and treatment issues 1for adolescents. The American Journal of Family Therapy, 37, 355-372.

Weinstein, A. M. (2010). Computer and video game addiction – a comparison between game users and non game users. The American Journal of Drug and Alcohol Abuse, 36, 268-276. Di peroleh tanggal 18 April 2020 dari www.Sfu.ca/cmns/courses/2011/325/class/13zachary/3finalproject/miscfiles/computer and video game addiction weinstein pdf.

Downloads

Published

2020-03-09