ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR PADA SOAL KONTEKS KULINER PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14570Keywords:
Mathematical Representation Ability, Linear Equation System, Palembang Culinary ContextAbstract
References
Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131–146. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659
Arianti, F. (2021). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Prepospec berbantuan TIK pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 208–216. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Arifin, M. Z. (2017). Kemampuan Translasi Antar-Representasi Matematika Siswa MTs Ditinjau dari Gender (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Negeri Surabaya, Surabaya. In Press.
Fatimah, C., Asmara, P. M., Mauliya, I., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Peningkatan Minat Belajar Siswa melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Pembelajaran Berbasis Daring. MATHEMA JOURNAL, 3(2), 117–126.
Handayani, S. D., & Irawan, A. (2020). Pembelajaran matematika di masa pandemic covid-19 berdasarkan pendekatan matematika realistik. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(2), 179–189. https://doi.org/10.29407/jmen.v6i2.14813
Hanipa, A., Triyana, V., & Sari, A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Pada Siswa Kelas VIII MTs Di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 01(02), 15–22.
Mubharokh, A. S., Zulkardi, Putri, R. I. I., & Susanti, E. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Penyajian Data Menggunakan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif , 5(2), 345–354. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.345-354
Muntaha, A., Wibowo, T., & Kurniasih, N. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Mengonstruksi Model Matematika Pada Soal Cerita. MAJU : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA, 7(2), 53–58.
Nur Riszki, D. (2019). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Sistem Persmaan Linier Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Tulungagung. UIN SATU Tulungagung.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah, 322 (2014).
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah, 1 (2016).
Rahmania, L., & Rahmawati, A. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Persamaan Linier Satu Variabel. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 165–174.
Rajuita, N. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Think-Talk-Write (Ttw) Di Kelas X SMAN 1 Pasie Raja Aceh Selatan. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.
Sabiri, M. (2014). Representasi dalam Pembelajaran Matematika. JPM IAIN Antasari, 1(2), 33–44.
Sari, A. R., & Aripin, U. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bangun Datar Segiempat Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1135–1142.
Suningsih, A., & Istiani, A. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa. http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Syafri, F. S. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Dan Kemampuan Pembuktian Matematika. Jurnal Edumath, 3(1), 49–55. http://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/edumath
Ulya, A. L., & Agustyarini, Y. (2020). Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas V pada materi bangun ruang. Atthiflah: Journal of Early Childhood Islamic Education, 7(2), 21–33.
UNESCO. (2008). Developing culturally contextualised mathematics resource materials: capturing local practices of Tamang and Gopali communities.
Zulianto, R., & Budiarto, M. B. (2020). Kemampuan Translasi Representasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kontekstual. Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 5(2), 313–327. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/jkpm/
Zulkardi. (2005). Pendidikan matematika di indonesia : Beberapa permasalahan dan upaya penyelesaiannya. Palembang: Percetakan Unsri.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.