ANALISIS KESALAHAN SISWA SMP DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI LINGKARAN

Authors

  • Risa Amelia Jayanti IKIP Siliwangi Bandung
  • Wahyu Hidayat IKIP Siliwangi Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p259-272

Keywords:

Analisis Kesalahan, Materi Lingkaran, Faktor-faktor Penyebab

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang sangat erat kaitannya dengan kehidupan sehari-hari, terutama pada kemajuan IPTEK, oleh karena itu matematika diajarkan di semua jenjang pendidikan, walaupun begitu siswa masih mengalami kesulitan dalam mengerjakan  soal-soal matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan-kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika, khususnya pada materi lingkaran serta mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kesulitan mengerjakan soal. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX di salah satu SMPN di Kota Cimahi yang berjumlah 22 orang, kemudian diambil sampel sebanyak 3 orang yang hasil jawabannya mewakili siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah untuk dianalisis secara lanjut . Instrumen yang diberikan berupa 5 butir soal materi lingkaran untuk menganalisis kesulitan-kesulitan siswa, sedangkan untuk mengetahui faktor-faktor penyebab siswa kesulitan mengerjakan soal dengan melalui observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian menujukkan hasil tes rata-rata bernilai 60.18 berada dalam kategori kurang (rendah) itu artinya, siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan soal lingkaran.

Author Biographies

Risa Amelia Jayanti, IKIP Siliwangi Bandung

Mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Matematika

Wahyu Hidayat, IKIP Siliwangi Bandung

Dosen IKIP Siliwangi Bandung

References

Abdurrahman, M. (2012). Anak Berkesulitan Belajar. Rineka Cipta.

Adilla, D. N., Zanthy, L. S., Yuspriyati, D. N. (2020). Karakteristik Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Lingkaran. 5(1), 35–46.

Apriliawan, A., Gembong, S., & Sanusi. (2013). Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Uraian Matematika Siswa Mts pada Pokok Bahasan Unsur-Unsur Lingkaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 1(2).

Armita, S., Febri, D., Daud, N., & Prasetyo, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita di Topik Geometri dan Faktor-Faktor Penyebabnya. 3, 358–369.

Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(2), 77–83.

Gafur, M., Ismaimuza, D., & Puluhulawa, I. (2016). Hubungan Sudut Pusat dengan Panjang Busur dan Luas Juring Lingkaran pada Kelas VIII SMP Negeri 10. 03(04).

Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X dalam Menyelesaikan SPLDV. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86

Jamaris, M. (2014). Kesulitan Belajar bagi Anak Usia Dini dan Usia Sekolah. Bogor: Ghalia Indonesia.

Juwita, S., & Zahra, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Menyelesaikan Soal Cerita SPLDV dengan Tahapan Newman. JPMI, 2(2), 87–94.

Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Pada Materi Statistika. JPMI Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104.

Lestari, A. P., Hasbi, M., & Lefrida, R. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Keliling Dan Luas Lingkaran Di Smp Al-Azhar Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(4), 373–385.

Lineaus, J. F., Rizal, M., & Anggraini. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 1 Banawa Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(3), 277–291.

Maharani, S., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 819. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826

Manalu, A. C. S., Manalu, S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP Kelas IX dalam Menyelesaikan Soal Materi Lingkaran. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 104–112. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.179

Ningrum, L. S. (2013). Analisis Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Matematika dalam Bentuk Cerita Pokok Bahasan Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XII SMA Al-Islam 3 Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Punding, W. (2018). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran di Kelas VIII MTS Islamiyah Palangka Raya. 19(2), 129–142.

Rabudianto, F. (2015). Profil berpikir siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita matematika ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Tesis. Surabaya: Pasca Sarjana Unesa tidak dipublikasikan.

Republik, P. M. P. D. K. (2014). Indonesia Nomor 104 Tahun 2014 Tentang Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah. In Jakarta: Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Suharsimi, A. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. In Jakarta: Bumi Aksara.

Timutius, F., Apriliani, N. R., & Bernard, M. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas IX-G Di SMP Negeri 3 Cimahi dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 305. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p305-312

Yusuf, A., & Fitriani, N. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel di SMPN 1 Campaka Mulya-Cianjur. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p49-58

Downloads

Published

2020-05-31

Issue

Section

Articles