PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP

Authors

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i3.p%25p

Keywords:

Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Kepercayaan Diri

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini mengambil subjek kelas VII-I SMP Negeri 1 Ciruas sebanyak 31 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu istrumen tes dan non tes. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan berpikir kritis matematis sebanyak 4 soal dan angket kepercayaan diri siswa sebanyak 25 pernyataan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, pengaruh kepercayaan diri terhadap kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMP sebesar 57,3%, sedangkan 42,7% dipengaruhi oleh faktor selain kepercayaan diri siswa.

Author Biography

Heni Pujiastuti, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Pendidikan Matematika

References

Andriani, D., & Nurjaman, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa SMP di Kota Cimahi pada Materi Segiempat dan Segitiga. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 207-218. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.219-228

Depdiknas. (2003). Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sinar Grafika.

Dini, M., Wijaya, T.T., & Sugandi, A, I. (2018). Pengaruh Self-Confidence terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP. Jurnal Silogisme, 3(1), 1-7.

Fatimah, E. (2006). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Pustaka Setia.

Hendriana, H. (2012). Pembelajaran Matematika Humanis dengan Metaphorical Thinking untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. Infinity Journal, 1(2), 90–103.

Hendriana, H. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Matematika Humanis. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 52-60.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Hidayat, W. (2017). Metaphorical Thinking Learning and Junior High School Teachers’ Mathematical Questioning Ability. Journal on Mathematics Education, 8(1), 55-64.

Hidayat, W. (2017). Adversity Quotient dan Penalaran Kreatif Matematis Siswa SMA dalam Pembelajaran Argument Driven Inquiry pada Materi Turunan Fungsi. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 15-28.

Ignacio, N.G., Nieto, L.J.B., & Barona, E.G. (2006). The Affective Domain In Mathematics Learning. International Electronic Journal of Mathematics Education, 1(1), 16-32.

Leonard, L., & Amanah, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 56-64.

Mahmuzah, R. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP melalui Pendekatan Problem Posing. Jurnal Peluang, 4(1), 64-72.

Muhamad, N. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Percaya Diri Siswa. Jurnal Pendidikan, 9(1), 75-90.

Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal Prisma, 6(2), 119-131.

Rahmi, S., Nadia, R., Hasibah, B., & Hidayat, W. (2017). The Relation between Self-Efficacy toward Math with the Math Communication Competence. Infinity Journal, 6(2), 177182. https://doi.org/10.22460/infinity.v6i2.p177-182

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Septina, R., Febriani, Y.S., & Zanthy, L.S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(6), 393-400.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Thantaway. (2005). Kamus Istilah Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Kanisius.

Tresnawati, Hidayat, W., & Rohaeti, E.E. (2017). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMA. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(2), 39-45. Zanthy, L. S. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar ditinjau dari Latar Belakang Pilihan Jurusan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa di STKIP Siliwangi Bandung. Teori dan Riset Matematika, 1(1), 47-45.

Downloads

Published

2020-05-29

Issue

Section

Articles