ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25pKeywords:
Mathematical Representation, GeometryAbstract
References
Abidin, Yunus., Mulyati, Tita., Yunansah, Hana. (2018). Pembelajaran Literasi: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.
Delsika Pramata Sari, Darhim, R. R. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Untuk Mengukur Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4, 421–429. http://idealmathedu.p4tkmatematika.org
Deswantari, E., Setyadi, D., & Mampouw, H. L. (2020). Representasi Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Poligon. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(01), 46–62.
Effendi, K. N. S. (2017). Pemahaman Konsep Siswa Kelas Viii Pada Materi Kubus Dan Balok. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 2(4), 87–94. https://doi.org/10.23969/symmetry.v2i2.552
Handayani, H., & Juanda, R. Y. (2018). Profil Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Sumedang Utara. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 211. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v7i2.6265
Hijriani, L., Rahardjo, S., & Rahardi, R. (2018). Deskripsi Representasi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal PISA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(5), 603–607. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Kilpatrick, Swafford, & findell. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. National Academy Press.
Panduwinata, B., Tuzzahra, R., Berlinda, K., & Widada, W. (2019). Analisis Kesulitan Representasi Matematika Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Sistem Persamaan Linier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 04(02), 202–210.
Safitri, E, Hartoyo, A, Bistari. (2015). Kemampuan Representasi Matematis Luas dan Keliling Lingkaran Berdasarkan Teori Bruner di SMPN 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan.
Sugiyono, A. B., & Wijayanti, P. (2018). Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Model PISA Ditinjau Dari Perbedaan Jenis Kelamin. MATHEdunesa: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 619–623.
Triono, A. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Kelas Viii Smp Negeri 3 Tangerang Selatan. Skripsi, 107.