PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA FIKSI SISWA KELAS VI SDN TALANG KELAPA

Authors

  • Wiky Puspita Sari Universitas PGRI Palembang
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang
  • Mega Prasrihamni3

DOI:

https://doi.org/10.22460/parole.v5i6.10150

Keywords:

Media Audio Visual, Menyimak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh media audio visual terhadap keterampilan menyimak pada siswa kelas IV di SDN 17 Talang Kelapa. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode pre experimental design dengan desain one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dokumentasi, dan tes. Tes yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes soal pilihan ganda dengan jumlah 15 soal. Analisis data yang digunakan ini menggunakan uji t statistik parametris dengan menggunakan rumus regresi linier sederhana, maka didapat nilai hasil pretest dengan rata-rata 58,2 dan nilai hasil posttest dengan rata-rata 81,4, didapat hasil perhitungan menggunakan rumus regresi liner sederhana diperoleh nilai thitung 5,03 dengan taraf signifikan  : 0,05 dan dk = 23 – 2 = 21, maka diperoleh ttabel 2,07. Dengan demikian thitung > ttabel yaitu 5,03 > 2,07 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa media audio visual memiliki pengaruh positif terhadap keterampilan menyimak cerita fiksi siswa kelas IV SDN 17 Talang Kelapa.

Author Biography

Mega Prasrihamni3

Universitas PGRI Palembang

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Hermawan, dkk. (2014). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran di SD. Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.

Kurniawan, S. (2017). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nafi'ah, A. (2018). Model-model Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro, B. (2013). Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Nurhayani, I. (2010). Pengaruh Penggunaan Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Menyimak Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Universitas Garut , 57.

Saputra, dkk. (2020). Prosa Fiksi dan Drama. Bandung : CV Media Sains Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sumiati & Asra. (2012). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Tarigan, G. (2018). Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Triwiyanto, T. (2015). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wati, E. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena CV Solusi Distribusi.

Downloads

Published

2022-11-29