Deskripsi Hasil Kemampuan Menulis Teks Persuasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence pada Siswa SMP Kelas VIII

Authors

  • Gilang Kusnadi IKIP Siliwangi
  • Alfa Mitri Suhara IKIP Siliwangi

Keywords:

Kemampuan Menulis, Teks Persuasi, Model Concept Sentence

Abstract

Pada pembelajaran menulis, banyak siswa yang merasa kesulitan dalam menyusun kalimat, menggunakan tanda baca dan menggunakan (EYD) pada penggunaan Bahasa Indonesia ke dalam tulisannya. Selain itu, guru masih menggunakan metode tradisional sehingga pembelajaran kurang efektif, kurang kondusif dan kurang menyenangkan. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model concept sentence dalam pembelajaran menulis teks persuasi. Penelitian berikut bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kemampuan siswa terhadap menulis teks persuasi menggunakan model pembelajaran concept sentence. Penelitian berikut menggunakan metode deskriptif kualitatif, yakni menggambarkan hasil analisis mendalam dari seorang peneliti. Penelitian ini mengambil sampel dari 30 siswa kelas VIII B dan 30 siswa kelas VIII C SMP Negeri 3 Margahayu. Hasil kemampuan siswa kelas VIII B terhadap menulis teks persuasi dalam penelitian ini adalah 100% dari 30 siswa memperoleh skor tertinggi dan masuk ke dalam kategori sangat baik sedangkan sampel dari siswa kelas VIII C terhadap menulis teks persuasi dalam penelitian ini adalah 100% dari 30 siswa memperoleh skor tertinggi dan masuk ke dalam kategori sangat baik. Kemampuan siswa kelas VIII B meraih skor dengan rata-rata 88 dan dikategorikan sangat baik sedangkan kemampuan siswa kelas VIII C meraih skor rata-rata 91 dan dikategorikan sangat baik. Maka, model pembelajaran concept sentence efektif dan cocok digunakan pada proses pembelajaran menulis teks persuasi.

References

Fujiawati, F. S. (2016). Pemahaman Konsep Kurikulum Dan Pembelajaran Dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. Jurnal Pendidikan Dan Kajian Seni, 1(1), 16–28.

Hidayati, F., Pascasarjana Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, M., (2019). Hubungan Penguasaan Kalimat Efektif dan Kecerdasan Interpersonal Dengan Keterampilan Menulis Teks Persuasi Siswa Kelas Viii Smpn 26 Kota Tangerang. Jurnal Membaca, 4(2), 85–94. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/jurnalmembaca

Kosasih. (2018). Jenis-jenis Teks Bahasa Indonesia SMP/MTs (Yadi Mulyadi (ed.)). PENERBIT YRAMA WIDYA.

Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (S. Z. Qudsy (ed.); VII). Pustaka Pelajar.

Mukhtar. (2013). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP PRESS.

Nasir, M. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Dengan Menggunakan Metode Concept Sentence Siswa Kelas Viii A Smp.

Nurjannah, A., & Suhara, A. M. (2019). Analisis Penggunaan Bahasa Daerah dalam Pembelajaran Menulis Cerpen di Kelas IX SMPN 1 Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 2(2), 255–262.

Sobari, T. (2012). Penerapan Teknik Siklus Belajar Dalam Pembelajaran Menulis Laporan Ilmiah Berbasis Vokasional. 1.

Suhara, A. M. (2017). Penerapan Strategi Active Learning Tipe Kontrak Belajar Dalam Kegiatan Menulis Artikel. LITERASI : Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia Dan Daerah, 7(1), 71. https://doi.org/10.23969/literasi.v7i1.291

Supriyati, S., Triani, S. N., & Oktavia, W. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Puisi. Journal of Educational Review and Research, 2(2), 112. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i2.2005

Wahid, S. (2020). Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Melalui Model Concept Sentence Di Kelas Tinggi. PGSD STKIP Bandung, VI.

Wikanengsih, W. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2), 104445.

Zein, M. (2016). Peran Guru Dalam Pengembangan Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274–285. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/3480

Downloads

Published

2022-09-06