ANALISIS PENDEKATAN SAINTIFIK MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA KELAS VII PADA MATERI HIMPUNAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.11052Keywords:
scientific approach, mathematical understanding abilities, the setAbstract
References
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematik dan Kepercayaan Diri Siwa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25–32.
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127.
Dayanti, E., Surahmat, & Syaifudin. (2021). Analisis Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMP Negeri 3 Simpang Hilir Kalimantan Barat. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pembelajaran, 16(19), 36–43. Http://Www.Riset.Unisma.Ac.Id/Index.Php/Jp3/Article/View/12295
Fitriani, N., Suryadi, D., & Darhim, D. (2018). Analysis Of Mathematical Abstraction On Concept Of A Three Dimensional Figure With Curved Surfaces Of Junior High School Students. Journal Of Physics: Conference Series, 1132(1). Https://Doi.Org/10.1088/1742-6596/1132/1/012037
Hanipa, A., Misbahudin, A. R., Setiawan, W., & Barat, J. (2019). Analisis Minat Belajar Siswa Mts Kelas Viii Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Aplikasi Geogebra. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(5), 315–322.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarno, U. (2018). Hard Skills Dan Soft Skills Matematik Siswa. PT Refika Aditama.
Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika (N. F. Atif (Ed.); Revisi). PT Refika Aditama.
Moreno, L. (2018). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas VII SMPN 25 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(6), 1401–1428.
Pahrudin, A., & Pratiwi, D. D. (2019). Pendekatan Saintifik Dalam Implementasi Kurikulum 2013 dan Dampaknya Terhadap Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran. In Pustaka Ali Imron (Vol. 1, Issue 69). Pustaka Ali Imron.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA (3 Revisi). Tarsito.
Sinaga, Q. A., & Syahrianti, S. (2022). Analisis Hambatan Dan Kesulitan Dalam Mempelajari Materi Himpunan Pada Masa Pandemi Covid-19 Oleh Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Cita Pendidikan, 22(1).
Sudirman, S., & Maru, R. (2016). Implementasi Model-Model Pembelajaran Dalam Bingkai Penelitian Tindakan Kelas (Revisi). Badan Penerbit Universitas Negeri Makassar.
Takwa. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Pada Pokok Bahasan Barisan dan Deret Kelas XI MAN 1 Makassar. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.