MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI PELUANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i6.11687Keywords:
Creative Thinking Ability, Learning Independence, Contextual Teaching and LearningAbstract
References
Barus, E. M. (2018). Pengaruh penerapan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan berpikir kritis matematika siswa SMP St. Thomas 1 Medan. Cartesius: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15. http://ejournal.ust.ac.id/index.php/CARTESIUS/article/view/470
Irawan, A., & Febriyanti, C. (2017). Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 22(1), 102415.
Izzati, N. (2017). Penerapan PMR pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP. Jurnal Kiprah, 5(2), 30–49.
Karim, A. (2017). Analisis pendekatan pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) di SMPN 2 Teluk Jambe Timur. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2), 144–152. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.1578
Leonard, L. (2013). Peran kemampuan berpikir lateral dan positif terhadap prestasi belajar evaluasi pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1), 50–57.
Maharani, H. R. (2014). Creative thinking in mathematics: are we able to solve mathematical problems in a variety of way. International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE).
Mayasari, E. (2022). Konsep contextual teaching and learning dalam upaya menciptakan iklim belajar mengajar menyenangkan dan bermakna. 1(1), 58–66.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2014). Permendikbud no 58 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 smp. 58, 2014. http://sdm.data.kemdikbud.go.id/SNP/dokumen/Kur/Permen Nomor 58 tahun 2014 ttg Kurikulum SMP.pdf
Novianska, M., & Hasanah, N. (2021). Kemandirian belajar peserta didik pada pembelajaran matematika dengan metode contextual teaching and learning (CTL) secara daring. 385–397.
Nuridawani, N., Munzir, S., & Saiman, S. (2015). Peningkatan kemampuan penalaran matematis dan kemandirian belajar siswa madrasah tsanawiyah (MTs) melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 59–71.
Rahayu, I. F., & Aini, I. N. (2021). Analisis kemandirian belajar dalam pembelajaran matematika pada siswa SMP. 4(4), 789–798. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.789-798
Rahmawati, T. (2018). Penerapan model pembelajaran CTL untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar pada mata pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 12–20. https://doi.org/10.33474/elementeris.v2i1.6966
Rahmi, D. (2017). Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap kemampuan berpikir kreatif pada materi ajar kubus dan balok kelas viii mts swasta al-washliyah medan tahun ajaran 2016/2017. (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).
Septiani, A. H., Bernard, M., Kadarisma, G., Siliwangi, I., Terusan, J., Sudirman, J., Cimahi, J., & Barat, I. (2022). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa smk pada materi logika matematika dengan menggunakan pendekatan kontekstual. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 5(3), 789–796. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i3.789-796
Shahat, M. A. (2022). Science teachers ’ perceptions of pedagogical learning theories in relation to their classroom practices. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 18(11).
Suhandi, A., & Kurniasri, D. (2019). Meningkatkan kemandirian siswa melalui model pembelajaran kontekstual di kelas iv sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 125–137. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6972
Susilowati, D. (2018). Penelitian tindakan kelas (PTK) solusi alternatif problematika pembelajaran. Jurnal Ilmiah Edunomika, 02(01), 36–46.