Kepraktisan LKPD aritmatika sosial dengan berbantuan live worksheets pada siswa SMP

Authors

  • Nida Khofia IKIP Siliwangi
  • Siti Chotimah IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i6.13775

Keywords:

Social Arithmetic, Live Worksheets, LKPD

Abstract

The development that produces LKPD product with the help of web live worksheets is the goal of this research. This type of research is research and development or RnD with the development model used according to Brog and Gall. This research was conducted in one of the junior high schools located in Bandung Regency with LKPD assisted by live worksheets as the object of research and using a realistic mathematics education approach. The subjects in this study were students of class VIII-A, totaling 10 and 30 students of class VII-C of SMP Al-Tamimi. Data collection in this study is a research instrument in the form of LKPD validation sheets from two Mathematics Education lecturers and one mathematics teacher as well as student response questionnaires obtained in limited trials and broad trials. The data analysis technique in this study is an analysis of data validation and practicality using Microsoft Excel. The results of the data collected show that the average value of the validation results of LKPD assisted by live worksheets is 85.8% with a very valid category, while the student responses obtained from questionnaire data show a result of 81.4% which is in the very practical category.

References

Ananda, R. (2018). Penerapan pendekatan realistics mathematics education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 125–133.

Andayani, F., Widodo, S. A., & Agustito, D. (2021). Perancangan media pembelajaran berbentuk pop up book untuk pencapaian kemampuan memecahkan masalah matematis pada materi aritmatika sosial. PRISMA, 10(2), 156–169. https://doi.org/10.35194/jp.v10i2.1838

Ariyansah, D., Hakim, L., & Sulistyowati, R. (2021). Pengembangan e-LKPD praktikum fisika pada materi gerak harmonik sederhana berbantuan aplikasi phyphox untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2), 173–181. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9052

Bela, M. E., Wewe, M., & Lengi, S. (2021). Pengembangan modul matematika materi aritmatika sosial berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 391–400.

Diana, F., & Fauzan, A. (2018). Pengembangan desain pembelajaran topik pola bilangan berbasis realistic mathematics education (RME). Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 43–52.

Fauzi, A., Rahmatih, A. N., Indraswati, D., & Sobri, M. (2021). Penggunaan situs liveworksheets untuk mengembangkan LKPD interaktif di sekolah dasar. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 232–240. https://doi.org/10.37478/mahajana.v2i3.1277

Fitri, D. A. & Reinita. (2022). Pengembangan LKPD liveworksheets berbasis discovery learning pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 6(2).

Fitri, E. R., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan LKPD berbantuan kvisoft flipbook maker pada mata pelajaran teknologi perkantoran di SMKN 2 Nganjuk. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 281–291. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p281-291

Haka, N. B., Majid, E., & Pahrudin, A. (2021). Pengembangan e-modul android berbasis metakognisi sebagai media pembelajaran biologi kelas XII SMA/MA. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1), 71–83.

Haryonik, Y., & Bhakti, Y. B. (2018). Pengembangan bahan ajar lembar kerja siswa dengan pendekatan matematika realistik. MaPan, 6(1), 40–55. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n1a5

Hasan, F., Pomalato, S. W. D., & Uno, H. B. (2020). Pengaruh pendekatan realistic mathematic education (RME) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(1), 13–20. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i1.4547

Heryuriani, B. & Musdayati. (2020). Pembelajaran materi aritmetika sosial dengan pendekatan STEM. Inomatika, 2(2), 147–160. https://doi.org/10.35438/inomatika.v2i2.191

Hidayat, A., & Irawan, I. (2017). Pengembangan LKS berbasis RME dengan pendekatan problem solving untuk memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 51–63. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.20

Indriani, S., Nuryadi, & Marhaen, N. H. (2022). Respon peserta didik terhadap e-LKPD berbantuan liveworksheets sebagai bahan ajar segitiga dan segiempat. JOTE: Journal On Teacher Education, 3(2).

Khikmiyah, F. (2021). Implementasi web live worksheet berbasis problem based learning dalam pembelajaran. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12.

Nuzirwan, & Salayan, M. (2021). Pengembangan materi ajar berbasis (ICT) dengan memakai linktree pada materi aritmatika sosial siswa kelas VII SMPS Islam Annur Prima. MAJU, 8(2), 433–447.

Prastika, Y. & Masniladevi. (2021). Pengembangan e-LKPD interaktif segi banyak beraturan dan tidak beraturan berbasis liveworksheets terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Journal of Basic Education Studies, 4(1).

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis higher order thinking skill (HOTS). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172

Riduwan. (2013). Rumus dan data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan RnD). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata. (2012). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Widiyani, A., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis software liveworksheet pada materi PPKn. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(1). https://doi.org/10.20961/jdc.v5i1.53176

Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik, suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wijaya, F. M., Nuraini, N. L. S., & Mas’ula, S. (2022). Pengembangan e-LKPD berbasis problem based learning menggunakan live worksheets pada materi perbandingan di kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 2(4), 368–379. https://doi.org/10.17977/um065v2i42022p368-379

Wijaya, T. T., Rofiah, S., & Damayanti, N. W. (2022). Pengembangan lembar aktivitas siswa berbasis model discovery learning pada materi aritmatika. JPMI, 5(1).

Winaldi, Roza, Y., & Maimunah. (2019). Desain sumber belajar matematika berbasis aplikasi android pada materi perbandingan trigonometri segitiga siku-siku. Jurnal Cendekia, 3(2), 513–524.

Downloads

Published

2024-01-30

Issue

Section

Articles