KOMPETENSI STRATEGIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.14444Keywords:
Mathematics Learning, Vocational High School, Mathematical Strategic CompetenceAbstract
References
Afrilianto, M. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Infinity : Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 1(2), 192-202.
Agustin, L., & Lestari, K. E. (2022). Studi Deskriptif Kuantitatif Hubungan Antara Kompetensi Strategis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 7(1), 53-63.
Amalia, K., Darhim, & Priatna, B. A. (2016). Peningkatan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Melalui Strategi Team-Based Learning. Infinity : Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5(1), 1-14.
Andriani, T., Suastika, K., & Sesanti, N. R. (2017). Analisis Kesalahan Konsep Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Kelas X TKJ SMKN 1 Gempol Tahun Pelajaran 2016/2017. Pi : Mathematics Education Jurnal, 1(1), 34-39.
Angelina, M., & Effendi, K. N. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas IX. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 383-394.
Angraini, M. E., Wardi, & Gugun. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Dengan Gaya Belajar Assimilator Pada Pemecahan Masalah Matematika di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10. https://repository.unja.ac.id/3692/ . (Tidak dipublikasi)
Aulia, M. P., Roesdiana, L., & Haerudin. (2021). Analisis Kemampuan Kompetensi Strategis Matematis Siswa Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linnier Satu Variabel. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(2), 169-183.
Cahya, A. R., Syamsuri, Santosa, C. A., & Mutaqin, A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika berdasarkan Polya Ditinjau Dari Kemampuan Representasi Matematis . GAUSS : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 1-15.
Damianti, D., & Afriansyah, E. A. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa SMP. INSPIRAMATIKA : Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 8(1), 21-30.
Effendi, K. N. (2018). Penerapan Pembelajaran Advance Organizer Dalam Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Motivasi Belajar Siswa SMK. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 3(1), 33-48.
Ferdianto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 3(1), 32-36.
Firaisti, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2013). Kompetensi Strategis Matematis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Osborn Di Kelas VII D SMP Negeri 51 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 19-27.
Kurnadi, & Safitri, P. T. (2018). Peningkatan Kemampuan Strategis Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kuantum. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2(1), 1-7.
Larasati, D. A., Nugroho, A. A., & Setyawati, R. D. (2022). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Program Linier. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1), 10-17.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.
Lutipah. (2021). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa Ditinjau dari Kepercayaan Diri (Self-Confidence). (Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah). https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59220.
Meika, I., Pratidiana, D., & Safitri, E. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Himpunan. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 6(1), 75-84.
Nadia, L. N., Waluyo, B., & Isnarto. (2017). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Peserta Didik melalui Inductive Discovery Learning. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(2), 242-250.
Nugraheni, I. L. (2018). Hubungan Self Efficacy terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Geografi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Lectura: Jurnal Pendidikan, 9(1), 52-64.
Nugroho, M. C., & Yunianta, T. N. (2021). Kemampuan Strategic Competence Siswa SMP dalam Menyelesaikan Tipe Soal Matematika Higher Order Thinking Skills. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2510-2522.
Sari, L., Siswono, T. Y., & Manuharawati. (2021). Kompetensi Strategis Siswa Tipe Melankolis dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Kesebangunan. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2), 199-205.
Setyaningsih, V. P., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika, 11(1), 10-20.
Sigit, J., Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2018). Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMK Negeri 3 Singkawang. Variabel, 1(2), 60-65.
Sitompul, M. T., & Effendi, K. N. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Aljabar. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 5(2), 553-565.
Sudarsono, & Nurrohmah, H. (2016). Upaya Meningkatkan Kompetensi Strategis Matematis Melalui Pendekatan Metaphorical Thinking Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 11 Yogyakarta. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 39-48.
Yulianti, Hartoyo, A., & Ahmad, D. (2017). Kompetensi Strategis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Program Linier di SMK-SMTI Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(8), 1-8.