ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA MATERI ALJABAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.16905Keywords:
Error Analysis, Ability to Understand Mathematical Concept, AlgebraAbstract
References
Aditya Cahyani, C., & Sutriyono, S. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Operasi Penjumlahan dan Pengurangan Bentuk Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Kristen 2 Salatiga. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 26. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.257
Amallia, Nurul; Unaenah, E. (2018). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Attadib Journal Of Elementary Education, 3(2), 123–133.
Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Febriyanti, R., Novitasari, N., & Zakiyah, N. S. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Menengah Atas dalam Memecahkan Masalah Geometri. PARADIKMA: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(1), 1–7.
Januarvi, E. D., & Masduki, S. S. (2016). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Aljabar Bentuk Pecahan. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Jupri, A., Drijvers, P., & Van den Heuvel-Panhuizen, M. (2017). Difficulties in initial algebra learning in Indonesia. Mathematics Education Research Journal, 26(4), 683–710. https://doi.org/10.1007/s13394-013-0097-0
Lagalante, Rusdiati; Suharna, Hery; Tonra, W. S. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika pada Bilangan Berpangkat dan Bentuk Akar. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 2(2), 184–192.
Lestari, Karunia Eka & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. PT. Refika Aditama.
Lestari, D. E., & Suryadi, D. (2020). Analisis Kesulitan Operasi Hitung Bentuk Aljabar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 247. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.9737
Linchevski, L., & Herscovics, N. (2018). Crossing the cognitive gap between arithmetic and algebra: Operating on the unknown in the context of equations. Educational Studies in Mathematics, 30(1), 39–65. https://doi.org/10.1007/BF00163752
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8
Mauliandri, R., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar Pada Siswa Smp. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9(2), 107. https://doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7687
Meliana, E. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Islam Manbaul Ulul Kebomas Gresik.
Meutia Hifzih, Johar Rahmah, A. A. (2013). Kemampuan Mahasiswa Calon Guru Menerapkan Penilaian Kinerja Untuk Menilai Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Peluang, 1(2), 63–70. http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/peluang/article/view/1059/995
Nur’aini, J. P., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Tipe Newman dalam Menyelesaikan Soal Eksponen pada Siswa Kelas X SMA At-Taubah Tirtamulya. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1065–1072.
Oktavira, S., & Firmansyah, D. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Bentuk Aljabar. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 4(5), 1307–1318. https://doi.org/10.36526/tr.v4i2.1009
Pujilestari. (2018). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA SMA MATERI OPERASI ALJABAR BENTUK PANGKAT DAN AKAR. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 2(21), 1–9.
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(2), 323–330.
Ramadhani, A. N. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP Pada Materi Aljabar serta Proses Scaffolding-nya. JURNAL SILOGISME : Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 11. https://doi.org/10.24269/js.v1i1.243
Ridwan; Hairun, Y. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat. Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 46–52.
Suhaeti, A., Aminah, N., & Wahyuni, I. (2021). Kesalahan Jawaban Siswa SMA Berdasarkan Newman Ditinjau dari Tingkat Kecemasan Matematis. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 124–134.
Surati. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTsN Model Palu Timur Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bentuk Aljabar. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1, 2. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3214/2270.