ETNOMATEMATIKA PADA BUDAYA TIMOR (SUKU BOTI) DALAM PERSPEKTIF GEOMETRI
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i2.16938Keywords:
Ethnomathematics, Geometry, Boti TribeAbstract
References
Ambrosio, U. D. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. February, 44–48.
Andung, P., & Nope, H. (2017). Media Rakyat sebagai Media Komunikasi Pembangunan Masyarakat Suku Boti. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 277–292. https://doi.org/10.24002/jik.v14i2.870
Cooke, R. (2005). The History of Mathematics. In Physics Today (Second, Vol. 10, Issue 9). Jhon Wiley & Sons, Inc. https://doi.org/10.1063/1.3060495
Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., & Uskono, I. V. (2020). Etnomatematika Pada Lopo Suku Boti Dan Integrasinya Dalam Pembelajaran Matematika. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 117. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3443
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2018). On the importance of an ethnomathematical curriculum in mathematics education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education. https://doi.org/10.12973/ejmste/76956
Hardiani, N., & Putrawangsa, S. (2019). Etnomatematika Tradisi Pengukuran Masyarakat Suku Sasak Dan Potensi Pengintegrasiannya Dalam Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 159–174.
Junianto, M. R. (2018). Persepsi Kenyamanan Termal Suku Boti. Temu Ilmiah Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI) 7, 10–14.
Maryati, & Prahmana, R. C. I. (2019). Ethnomathematics: Exploration of the muntuk community. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 47–49.
Nuban, D. K. E. R., Hartiwiningsih, & Jamin, M. (2017). The Legal Aspects of Boti’s Tribe: “When the National Law is not Required.†International Journal of Business, Economics and Law, 13(4), 130–137.
Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika dalam sistem pembilangan pada masyarakat melayu riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2).
Putrawangsa, S., Lukito, A., Amin, S. M., Wijers, M., & State, S. (2007). Educational Design Research: Developing Students’ Understanding of Area as the Number of Measurement. 416–426.
Rosa, M., & Orey, D. C. (2013). Ethnomodelling as a Research Lens on Ethnomathematics and Modelling. International Perspectives on the Teaching and Learning of Mathematical Modelling, 6(2), 117–127. https://doi.org/10.1007/978-94-007-6540-5_10
Sandiningtyas, H., & Wiyono, B. B. (2018). Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Suku Boti: Studi Kasus di SDN-SMPN Satu Atap Oefau Desa Boti Nusa Tenggara Timur. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 3, 77–82.
Siswoyo, B. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Sifat-Sifat Segiempat dengan Pendekatan STAD ( Student Teams Achievement Divisions ) di Kelas VII-1 SMP Negeri 2 Kutalimbaru. 2(November), 89–102.
Somawati, A. V. (2020). Uis Neno Dan Uis Pah Dalam Kepercayaan Suku Boti. Prosiding Seminar Nasional Jurusan Brahma Widya: Mistisisme Nusantara, 128.
Suharjana, A., Rahardjo, M., Sutanti, T., & Sasongko, C. (2008). Mengenal Bangun Ruang dan Sifat-Sifatnya di Sekolah Dasar. Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.
Suminar, E. (2018). Persepsi Suku Boti Terhadap Lingkungan Hidup. Ensains Journal, 1(2), 89. https://doi.org/10.31848/ensains.v1i2.100
Tim Gakko Tosho. (2021). Buku Panduan Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbudristek.
Utami, N. W., Sayuti, S. A., & Jailani. (2019). Math and Mate in Javanese Primbon: Ethnomathematics Study. Journal on Mathematics Education, 10(3), 341–356. https://doi.org/10.22342/jme.10.3.7611.341-356
Winarno, K. (2015). Memahami Etnografi Ala Spradley. Smart, 1(2), 257–265. https://doi.org/10.18784/smart.v1i2.256
Yustinaningrum, B., Nurliana, & Rahmadhani, E. (2018). The ethnomathematics: Exploration of Gayo tribe local wisdom related to mathematics education. Journal of Physics: Conference Series, 1088. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1088/1/012061