LITERASI KUANTITATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.16968Keywords:
Quantitative Literacy, Problem Solving, Learning StyleAbstract
References
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2017). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Chislett, V., & Chapman, A. (2005). VAK learning styles self-assessment questionnaire. Retrieved June, 26, 2006.
Cholifah, T. N., Degeng, I. N. S., & Utaya, S. (2018). Analisis gaya belajar siswa untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 65–74.
Deporter, B., & Hernacki, M. (2015). Quantum learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan, ed. ke 1. Terjemahan: Alwiyah Abdurrahman & Sari Meutia. Bandung: Kaifa.
Firnanda, P., & Nursangaj, A. (2015). Literasi kuantitatif siswa dikaji dari aspek content change and relationship dalam aljabar di SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(12).
Makhmudah, S. (2018). Analisis literasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 318–325.
Nasution, S. (2005). Berbagai pendekatan dalam proses belajar dan belajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Oktaviani, A. C., Jamiah, Y., & Suratman, D. (2017). Analisis literasi kuantitatif siswa dalam aspek konten uncertainty and data pada materi statistika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(4).
Rafianti, I., Setiani, Y., & Novaliyosi, N. (2018). Profil kemampuan literasi kuantitatif calon guru matematika. JPPM (Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika), 11(1).
Riau, B. E. S., & Junaedi, I. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa kelas vii berdasarkan gaya belajar pada pembelajaran pbl. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 5(2), 166–177.
Richardo, R., Mardiyana, M., & Sari, D. R. (2014). Tingkat kreativitas siswa dalam memecahkan masalah matematika divergen ditinjau dari gaya belajar siswa (studi pada siswa kelas ix mts negeri plupuh kabupaten sragen semester gasal tahun pelajaran 2013/2014). Jurnal Pembelajaran Matematika, 2(2).
Rosa, M., & Orey, D. C. (2015). A trivium curriculum for mathematics based on literacy, matheracy, and technoracy: an ethnomathematics perspective. ZDM, 47, 587–598.
Sari, R. H. N. (2015). Literasi matematika: apa, mengapa dan bagaimana. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 8, 713–720.
Speth, E. B., Momsen, J. L., Moyerbrailean, G. A., Ebert-May, D., Long, T. M., Wyse, S., & Linton, D. (2010). 1, 2, 3, 4: infusing quantitative literacy into introductory biology. CBE—Life Sciences Education, 9(3), 323–332.
Steen, L. A. (2001). Mathematics and democracy: The case for quantitative literacy. NCED Princeton, NJ.
Waskitoningtyas, R. S. (2015). Pembelajaran matematika dengan kemampuan metakognitif berbasis pemecahan masalah kontektual mahasiswa pendidikan matematika universitas balikpapan. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3).