ATURAN PENJUMLAHAN DAN PERKALIAN DALAM KAIDAH PENCACAHAN: BAGAIMANAKAH DESAIN HYPOTHETICAL LEARNING TRAJECTORY BERBASIS RME?
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17321Keywords:
Learning Trajectory, RME, Desain ResearchAbstract
References
Anggo, M. (2011). Pemecahan masalah matematika kontekstual untuk meningkatkan kemampuan metakognisi siswa. Edumatika, 1(2), 35–42. https://online-journal.unja.ac.id/index.php/edumatica/article/view/182
Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (lks) berbasis keterampilan proses di SMAN 4 Jember 1). Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350–356.
Arifin, M. B., Ponoharjo, & W, E. D. (2019). Keefektifan model realistic mathematic education ditinjau dari minat belajar terhadap prestasi belajar matematika peserta didik. Integral : Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 159–166.
As’ari, A. R., Candra, T. D., Yuwono, I., & Anwar, L. (2018). Matematika studi dan pengajaran. Jakarta : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
Dwinata, A., & Ramadhona, R. (2018). Analisis kesalahan siswa dalam pemecahan problematika kaidah pencacahan titik sampel. Jurnal Gantang, 2, 117–126. https://doi.org/10.31629/jg.v3i2.479
Fatmawati, B., Wazni, M. K., & Husnawati, N. (2021). The study of worksheets based on creative problem solving for biology subjects. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(4), 701–706. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i4.831
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical learning trajectory pada pembelajaran bilangan negatif berdasarkan teori situasi didaktis di sekolah menengah. Jurnal Mushorafa, 6, 13–24. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i1.290
Holisin, I. (2007). Pembelajaran matematika realistik (PMR). Didaktis : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 45–49. http://dx.doi.org/10.30651/didaktis.v7i3.255
Jarmita, N., & Hazami, H. (2013). Ketuntasan hasil belajar siswa melalui pendekatan realistic mathematics education (rme) pada materi perkalian. Jurnal Ilmiah Didaktika, 13(2), 212–222. https://doi.org/10.22373/jid.v13i2.474
Jatmiko, M. A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Desain didaktis materi kaidah pencacahan untuk siswa SMA kelas XI. Hipotenusa Journal of Research Mathematics Education, 4(1), 35–54.
Johar, R., Zubainur, C. M., Khairunnisak, C., & Zubaidah, T. (2021). Membangun kelas yang demokratis melalui pendidikan matematika realistik. Banda Aceh : Syiah Kuala University Press.
Khoirudin, K., & Rizkianto, I. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran problem based learning dan learning trajectory yang berorientasi pada kemampuan penalaran matematis siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 207–218. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.34
Kholiyanti, A. (2018). Pembelajaran matematika dari konkrit ke abstrak dalam membangun konsep dasar geometri bagi siswa sekolah dasar. Pi: Mathematics Education Journal, 1(2), 40–46. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i2.2322
Makonye, J. P. (2014). Teaching functions using a realistic mathematics education approach: a theoretical perspective. International Journal of Educational Sciences, 7(3), 653–662. https://doi.org/10.1080/09751122.2014.11890228
Mulyawati, E., Sugiatno, & Yani, A. (2014). Potensi pembuktian menggunakan counter examples dalam materi bilangan di SMP. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/33556
Novita, R., & Putra, M. (2017). Peran desain learning trajectory nilai tempat bilangan berbantukan video animasi terhadap pemahaman konsep nilai tempat siswa kelas II SD. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1). https://doi.org/10.22342/jpm.11.1.3802.43-56
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan berpikir abstrak matematika siswa dalam pembelajaran problem posing berkelompok. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol2no2.2017pp159-176
Nurjannah, A., Seni, A., & Mustajin, A. (2020). Perencanaan pembelajaran berbasis permainan tradisional sebagai afirmasi literasi budaya di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4 (1), 47–55.
Prahmana, R. C. . (2018). Design research, teori dan implementasinya : suatu pengantar (1st ed.). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Puspendik. (2018). Ringkasan eksekutif hasil ujian nasional sma/ma ipa 2018, masukan untuk pembelajaran di sekolah. https://doi.org/10.1787/a26f6edb-id
Putrianingsih, S., Muchasan, A., & Syarif, M. (2021). Peran perencanaan pembelajaran terhadap kualitas pengajaran. Jurnal Inovatif, 7(1), 206–231. https://doi.org/10.55148/inovatif.v8i2
Retnodari, W., Faddia Elbas, W., & Loviana, S. (2020). Scaffolding dalam pembelajaran matematika. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1(2009), 15. https://doi.org/10.32332/linear.v1i1.2166
Risdiyanti, I., & Indra Prahmana, R. C. (2020). The learning trajectory of number pattern learning using barathayudha war stories and uno stacko. Journal on Mathematics Education, 11(1), 157–166. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.10225.157-166
Setiawan, J., & Royani, M. (2013). Kemampuan berpikir kritis siswa smp dalam pembelajaran bangun ruang sisi datar dengan metode inkuiri. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.20527/edumat.v1i1.637
Silalahi, S. M. (2022). Kemampuan pemecahan masalah mahasiswa dalam penyampaian materi menggunakan lembar kerja mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1311
Simon, M. A. (1995). Reconstructing mathematics pedagogy from a constructivist perspective. Journal for Research in Mathematics Education, 26(2), 114–145.
Suandito, B. (2017). Bukti informal dalam pembelajaran matematika. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 13–24. https://doi.org/10.24042/ajpm.v8i1.1160
Wandari, A., Kamid, K., & Maison, M. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) pada materi geometri berbasis budaya jambi untuk meningkatkan kreativitas siswa. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 47. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.232
Wijaya, A. (2009). Hypothetical learning trajectory dan peningkatan pemahaman konsep pengukuran panjang. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY (Vol. 5, pp. 373-387).
Yatim, D. (2016). Penggunaan penguatan dalam pembelajaran bidang studi PPKN di kelas IX SMPN 10 Tenggarong. CENDEKIA: Journal of Education and Teaching, 10(1), 79. https://doi.org/10.30957/cendekia.v10i1.84
Yeni, E. M. (2015). Kesulitan belajar matematika di sekolah dasar. Jupendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2), 1–10. jfkip.umuslim.ac.id
Yohanes, R. S. (2020). Menggali manfaat contoh penyangkal dalam pembelajaran matematika. Konferensi Nasional Pendidikan I, 73–77. https://urbangreen.co.id/proceeding/index.php/library/article/view/14
Yuliardi, R., & Rosjanuardi, R. (2021). Hypothetical learning trajectory in student’s spatial abilities to learn geometric transformation. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(3), 174–190. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i3.13338.