Penerapan bahan ajar berbantuan ispring suite pada materi bentuk aljabar terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa kelas VII
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17858Keywords:
Teaching Materialis, iSpring Suite, Student Mathematical AbilityAbstract
References
Arifin, U., Purwasih, R., & Santana, F. D. T. (2020). Transfer IPTEK mathematic realistic worksheet berbasis information and communication technology kepada guru-guru sdit dalam rangka meningkatkan keterampilan matematis pada konsep geometris. JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), 5(1), 380–387. https://doi.org/10.21067/jpm.v5i1.3548
Eliwatis, E., & Sabarullah, S. (2021). Pengembangan video pembelajaran pendidikan agama islam berbasis aplikasi wondershare filmora. At-Tarbiyah Al-Mustamirrah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 25–39. https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/at-tarbiyah/article/view/3319
Fatmasuci, F. W. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah berorientasi pada kemampuan komunikasi dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 32–42. 10.21831/jrpm.v4i1.11325
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard skills dan soft skills matematik siswa. https://refika.co.id/228-hard-skills-soft-skills-matematik-siswa.html
Kemendikbud. (2014). Kurikulum SMP. In Jakarta: Kemendikbud.
La Ati, S. (2017). Persepsi peserta didik terhadap kompetensi guru biologi di madrasah aliyah bina karya hatawano kecamatan huamual kabupaten seram bagian barat. http://repository.iainambon.ac.id/id/eprint/417
Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata, 1. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=wfG6wIYAAAAJ&citation_for_view=wfG6wIYAAAAJ:ufrVoPGSRksC
Maharani, D. A., El Tantawi, M., Yoseph, M. G., & Rahardjo, A. (2021). The use of internet platforms for oral health infromation and associated factors among adolescents From Jakarta: A Cross Sectional Study. BMC Oral Health, 21, 1–6. https://doi.org/10.1186/s12903-020-01387-x
Marlianti, F., & Sulityaningsih, D. (2020). Meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran daring berbantuan microsoft teams dan geogebra materi pertidaksamaan linear dua variabel kelas x mipa 2 sma negeri 9 semarang tahun pelajaran 2020/2021. Edusaintek, 4. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/edusaintek/article/view/543
Purbayanti, H. S., Ponoharjo, P., & Oktaviani, D. N. (2020). Analisis kebutuhan video pembelajaran matematika pada pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(2), 165–172. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6693
Saparika, N. (2014). Pengembangan bahan ajar berbasis penalaran induktif siswa smp pada pokok bahasan limas dan prisma tegak melalui penelitian desain: suatu penelitian desain (design research) terhadap siswa kelas viii smp pasundan 4 bandung tahun ajaran 2013/2014. In Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/13985/11/S_MAT_1000225_Title.pdf
Sasahan, E. Y., Oktova, R., & IRN, O. O. (2017). Pengembangan media pembelajaran interaktif tentang optika berbasis android menggunakan perangkat lunak ispring suite 7.0 untuk mahasiswa s-1 pendidikan fisika pada pokok bahasan interferensi cahaya. in prosiding snfa (seminar nasional fisika dan aplikasinya), 2, 52–61. https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16364
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi covid-19 terhadap dunia pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 20(2). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/JKI
Wijayanto, Z. (2018). Pengembangan media pembelajaran matematika kontekstual berbasis budaya untuk siswa SMP. AdMathEdu, 8(2), 209–222. https://dx.doi.org/10.12928/admathedu.v8i2.12350
Yuniasih, N., Aini, R, N., & Widowati, R. (2018). Pengembangan media interaktif berbasis ispring materi sistem pencernaan manusia kelas v sdn ciptomulyo kota malang. JIP, 8(2), 85–94. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2647.