KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MENGEMBANGKAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SAAT PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25pKeywords:
Creative thinking, Mathematics Learning Media, the Covid-19 PandemicAbstract
References
Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784
Adijaya, N., & Santosa, L. P. (2018). Persepsi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online. Wanastra, 10(2), 105–110.
Ahmad, H. (2017). Efektivitas Penggunaan Alat Peraga Kodama dalam Mengerjakan Soal Matematika Materi Persamaan Garis Lurus. Jurnal Pendidikan PEPATUDZU, 13(2), 118–132.
Ahmadin, H. A. (2005). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Renika Cipta.
Anwar, M. N., Aness, M., Khizar, A., Naseer, M., & Muhammad, G. (2012). Relationship of creative thinking with the academic achievements of secondary school students. International Interdisciplinary Journal of Education, 1(3), 1–4. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/338549060_Relationship_of_Creative_Thinking_with_the_Academic_Achievements_of_Secondary_School_Students
Armandita, P., Wijayanto, E., Rofiatus, L., & Susanti, A. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Pembelajaran Fisika Di Kelas XJ Mia 3 Sma Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2).
Ayu, P., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint pada Materi Kerucut, 10(2), 119–124.
Dewi, A., & Ratu, N. (2018). Pengembangan Alper Aljabar Untuk Siswa Kelas Vii Smp Negeri 3 Salatiga, 5(1), 147–157.
Hamalik Oemar. (1992). Psikoligi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Potur, A. A., & Barkul, mr. (2009). Gender and creative thinking in education: A theoretical and experimental overview. A|Z ITU Journal of Faculty of Architecture, 6(2), 44–57.
Sapartien, R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Media Tabel Dengan Power Point Pada Siswa Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 26–30. https://doi.org/10.24176/re.v7i1.1808
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Abdullah, A. A. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui ctl. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(1), 98–110.
Siswono, T. Y. E. (2008). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa University Press.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2013). Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, II(1), 43–48. Retrieved from https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180
Tandiseru, S. R. (2015). The Effectiveness of Local Culture-Based Mathematical Heuristic-KR Learning towards Enhancing Student’s Creative Thinking Skill. Journal of Education and Practice, 6(12), 74–81. Retrieved from http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=eric&AN=EJ1080709&site=ehost-live
Taufikurrahman, & Nurhaswinda. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Papan Pecahan Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 2(2).
Wahyuningsih, R. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Materi Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Penggunaan Media Power Point Kelas VIII G SMP Negeri 1 Kedungjati Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Majalah Ilmiah Inspiratif, 2(04), 1–10.
Wicaksono, S. (2016). the Development of Interactive Multimedia Based Learning Using Macromedia Flash 8 in Accounting Course. Journal of Accounting and Business Education, 1(1), 122. https://doi.org/10.26675/jabe.v1i1.6734
Zahara, H. M., & Budiyono. (2019). Pengaruh Media Papan Penjumlahan Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Penjumlahan Siswa Kelas I Sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(3)