ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25pKeywords:
Metacognition Ability, TriangleAbstract
References
Adhitama, R. S., Kusnadi, & Supriatno, B. (2018). Kesadaran Metakognitif Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan. Assimilation: Indonesian Journal of Biology Education, 1(1), 39–45.
Afinnas, F. T., Masrukan, & Kurniasih, A. W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dengan Model Self-Regulated Learning Menggunakan Asesmen Kinerja Ditinjau dari Metakognisi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 197–207. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19570
Aji, A. S., Mampouw, H. L., & Setyadi, D. (2019). Aktivitas metakognisi siswa dalam menyelesaikan masalah segiempat berdasarkan perbedaan kemampuan matematika 123. Prosiding Sendika, 5(1), 705–711.
Annur, M. F., Sujadi, I., & Subanti, S. (2016). Aktivitas Metakognisi Siswa Kelas X SMAN 1 Tembilahan dalam Pemecahan Masalahan Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif. 4(7), 720–730.
Fajriani, & Nurdahniar. (2016). Pengaruh Metakognisi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X Sma Negeri Se Kabupaten Bulukumba. Prosiding Seminar Nasional, ISSN 2443-1109, 02(1), 285–290.
Firnanda, V., & Pratama, F. W. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Segitiga Berdasarkan Teori Van Hielle. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(September), 487–498.
Gunawan, A. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sdn 59 Kota Bengkulu. Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(2), 216–225. https://doi.org/10.33369/pgsd.9.2.216-225
Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Rajawali Pers.
Novita, T., Widada, W., & Haji, S. (2018). Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Etnomatematika Rejang Lebong. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(1), 41–54. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Nurhayati, Hartoyo, A., & Hamdani. (2017). Kemampuan Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Datar Di Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 6, No, 1–13.
Nurussafa’at, A. F., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Soal Cerita Pada Materi Volume Prisma Dengan Fong ’ S Shcematic Model For Error Analysis Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa ( Studi Kasus Siswa Kelas VIII Semester II Smp It Ibnu Abbas Klaten Tahun Ajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(2), 174–187.
Panjaitan, B. (2016). Karakteristik Metakognisi Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Tipe Kepribadian. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1). https://doi.org/10.17977/jip.v21i1.6479
Purnomo, D. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN MAHASISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MELALUI AKTIVITAS METAKOGNISI MATEMATIS. Pi: Mathematics Education Journal, 2(1), 40–53.
Putri, R. S., Susanto, & Kurniati, D. (2015). Analisis Keterampilan Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berbasis Polya Subpokok Bahasan Garis dan Sudut Kelas VII-C di SMP Negeri 1 Genteng Banyuwangi ( The Analysis of Student ’ s Metacognition Skills in Resolving Mathematics Prob. Artikel Ilmiah Mahasiswa, II(1), 1–7.
Rahmat, A., Tandililing, E., & Oktavianty, E. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pada materi hukum kirchoff di SMAN 1 Meranti. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(10), 2–16. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/22125
Sari, R. K. (2018). Analisis Newman dalam Menyelesaikan Soal Statistika Ditinjau dari Metakognitif Tacit Use. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 157–166. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.157-166
Setyaningrum, D. U., & Mampouw, H. L. (2020). Proses Metakognisi Siswa SMP dalam Pemecahan Masalah Perbandingan Senilai dan Berbalik Nilai Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9.
Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau Dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 1(2), 151–164. https://doi.org/10.30738/wa.v1i2.1413