KEMAMPUAN PROBLEM-SOLVING MATEMATIS SISWA SMA DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN MATERI FUNGSI
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.p1113-1122Keywords:
Abilities, Problem-Solving, FunctionAbstract
References
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Disposisi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Putra Juang Dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Bernard, M., Nurmala, N., Mariam, S., & Rustyani, N. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP kelas IX pada materi bangun datar. Supremum Journal of Mathematics Education, 2(2), 77–83. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.1405906
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160.
Chisara, C., Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 65–72.
Erlina, & Hakim, D. L. (2019). Kecerdasan logis matematis siswa SMP pada scaffolding. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika), 1165–1173.
Hakim, D. L. (2014). Effort to improve student learning ourcomes by using cooperative learning type of student teams achievement division (STAD). Proceeding of International Conference On Research, Implementation And Education Of Mathematics And Sciences, May, 135–142.
Hakim, D. L. (2017). Penerapan permainan saldermath algebra dalam pelajaran matematika siswa kelas VII SMP di Karawang. JIPMat, 2(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v2i1.1476
Hakim, D. L., & Daniati, N. (2014). Efektivitas pendekatan Open-Ended terhadap kemampuan berpikir kreatif matematika siswa SMP. Seminar Nasional Riset Inovatif II, 2(2), 259–264.
Hakim, D. L., & Sari, R. M. M. (2019). Aplikasi game matematika dalam meningkatkan kemampuan menghitung matematis. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1), 129–141. https://doi.org/10.30870/jppm.v12i1.4860
Kemendikbud. (2017). Matematika SMA/MA/SMK/MAK Kelas X. In Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Revisi 201). Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.
Kurniasih, R., & Hakim, D. L. (2019). Berpikir kritis siswa dalam materi segiempat. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2017, 1135–1145.
Martin, I., & Kadarisma, G. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah amtematis siswa SMA pada materi fungsi. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 641–652. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i1.74
Mulyati, T. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar (Mathematical Problem Solving Ability of Elementary School Students). EDUHUMANIORA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 1–20.
National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. NCTM Publications.
Nurilah, Hakim, D. L., & Kartika, H. (2018). Implementasi model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (Sesiomadika) 2018, 73–82.
Nurjanah, U., & Hakim, D. L. (2019). Number sense siswa pada materi bilangan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2(1e), 1174–1182.
Polya, G. (1957). How to solve it: a new aspect of mathematical method second edition. In The Mathematical Gazette (Vol. 30). http://www.jstor.org/stable/3609122?origin=crossref
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP pada materi SPLDV ditinjau dari kemampuan awal matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Soemarmo, U., & Hendriana, H. (2019). Penilaian Pembelajaran Matematika (Nurul Falah Atif (ed.); Cetakan Ke). PT. Refika Aditama.
Suciati, D. R., & Hakim, D. L. (2019). Koneksi matematis pada materi kubus dan balok. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1155–1165.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Sutopo (ed.); Kedua). Alfabeta.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, 4(1), 9–16. https://doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3897
Turrosifah, H., & Hakim, D. L. (2019). Komunikasi matematis siswa dalam materi matematika sekolahan. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 2000, 1183–1192