Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Teti Suharyati SD Negeri 1 Kedungwuluh
  • Hana Sakura Putu Arga PGSD IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037

Keywords:

berpikir kritis, project based learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskirpsikan proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran project based learning serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis menggunakan model pembelajaran project based learning. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian model Kurt Lewin yang dilakukan sebanyak dua siklus. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Partisipan kelas IV SD Negeri 1 Kedungwuluh yang berjumlah 11 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan tes. Alat pengumpul data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi serta soal tes tertulis. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif deskrptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas siswa selama dilakukan penelitian. Hal tersebut sejalan dengan nilai rata-rata kemampuan berpikir kritis yang mengalami peningkatan pada siklus I 83% dan siklus II 93% setelah diterapkan pembelajaran Project Based Learning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

References

Abdul Gafur. (2003). Evaluasi Implementasi hasil penataran pembelajaran portofolio kewarganegaraan (civic) guru PPKn SLTP di Propinsi DIY. Hasil Penelitian tidak Dipublikasikan, UNY.

Asrori. (2020). Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru.

Azizah, & Naniek. (2018). Konsep Belajar Menggunakan Model Project Based Learning. 36–51.

Cholisin. (Oktober 2003). PPKn Paradigma Baru dan Pengembangannya dalam KBK. Makalah Disampaikan pada Training of Trainer (ToT) Guru SLTP Mata Pelajaran PPKn, di Surakarta.

Darmayoga, I. W., & Suparya, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning ( PjBL ) Berbantuan Media Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD N 1 Penatih Tahun Pelajaran 2019 / 2020. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 41–50.

Fahrezi, I. & Nafia’ah, N. (2020). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 408

Fitri, H. & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201.

Mujiyono. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learnig sebagai upaya Meningkatkan Kemampuan berikir Kritis Siswa SDN 3 Makarti Jaya. 2, 156–159.

Nugraha, A. R., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas 5 SD. Kalem Cendekia PGSD Kebumen, 9-15.

Pitarto, E. (2017). Membuat Poster Digital. Semarang: B-Book.

Pradita, Y., Mulyani, B., & Redjeki, T. (2015). Penerapan Model Project Based Learning Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Kelas XI IPA Semester genap Madrasah Aliyah Negeri Klaten Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 89-96.

Putri, R. A., Frima, A., & Rosalina, E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 85 Lubuklinggau. Jurnal Profesi Pendidikan (JPP), 1(2), 124-132.

Wulandari, M. A., Senen, A., Wardani, D. S., & Kelana, J. B. (2022). Local Wisdom-Based Movable Book as A Teaching Material to Enhance Nationalism in the 21st Century. Jurnal Pendidikan Progresif, 12(1), 57-68.

Published

2023-06-01

How to Cite

Suharyati, T., & Putu Arga, H. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PPKn di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(1), 45–53. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i1.13037

Issue

Section

Articles