Penerapan Model Jigsaw Pada Materi Senyawa Karbon Turunan Alkana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA

Authors

  • Mariani Surtiningsih SMA Negeri 5 Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.21353

Keywords:

metode jigsaw, alkane, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa hasil belajar siswa rendah dan kurangnya partisipasi aktif siswa pada kegiatan pembelajaran Senyawa Karbon Turunan Alkana. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diadakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Jigsaw.Tahapan dalam pembelajaran koperatif Jigsaw terdiri dari, membentuk kelompok asal, memberi masalah kepada setiap siswa,mempersiapkan siswa dalam kelompok tim ahli, dan mengembalikan lagi siswa ke dalam kelompok asal.. Penelitian tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode Kemmis dan Mc. Taggart yaitu sistem spiral diri terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi dan perencanaan kembali. Data hasil penelitian diperoleh dari: 1) Observasi keaktifan siswa dan kinerja guru 2) Tes formatif setiap akhir tindakan 3) Angket skala respon siswa terhadap  pembelajaran koperatif Jigsaw . Sedangkan teknik analisis data menggunakan statistik sederhana yakni kualitatif deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan perolehan  sebagai berikut 1) Indeks  keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 18,67 %, 2) Peningkatan hasil belajar siswa yang terjadi dari pra PTK ke siklus I sebesar 15,84 % , dari siklus I ke siklus II sebesar 9,16 % , 3) Respon siswa pada pembelajaran  mencapai skor 77,93 % ini artinya siswa memberikan respon yang baik  terhadap pembelajaran.

References

Amanah, S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkanhasil belajar Siswa pada Materi Hidrokarbon Sekolah mengah atas. 1, 35–40.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80-86.

Aprilia, L. A., Setyaningtyas, E. W., & Slameto, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Berbasis Kurikulum 2013. WACANA AKADEMIKA: Majalah Ilmiah Kependidikan, 2(1), 61. https://doi.org/10.30738/wa.v2i1.2529

Ardiawan, I. K. N., Kristiana, P. D., & Swarjana, I. G. T. (2020). Model Pembelajaran Jigsaw Sebagai Salah Satu Strategi Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(1).

Cardellini, L. (2012). Chemistry: Why the Subject is Difficult? / Química: ¿Por qué la disciplina es difícil? Educación Química, 1–6.

Cerón-García, M. C., López-Rosales, L., Gallardo-Rodríguez, J. J., Navarro-López, E., Sánchez-Mirón, A., & García-Camacho, F. (2022). Jigsaw cooperative learning of multistage counter-current liquid-liquid extraction using Mathcad®. Education for Chemical Engineers, 38. https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.10.002

Effendi-Hasibuan, M. H., Fuldiaratman, Dewi, F., Sulistiyo, U., & Hindarti, S. (2020). Jigsaw learning strategy in a diverse science-classroom setting: Feasibility, challenges, and adjustment. Cakrawala Pendidikan, 39(3). https://doi.org/10.21831/cp.v39i3.30634

Haftador, A. M., Shirazi, F., & Mohebbi, Z. (2021). Online class or flipped-jigsaw learning? Which one promotes academic motivation during the COVID-19 pandemic? BMC Medical Education, 21(1). https://doi.org/10.1186/s12909-021-02929-9

Munawarah, M. (2019a). Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Senyawa Karbon Turunan Alkana Di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron. Jurnal Serambi Akademica, 7(5), 627. https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1519

Munawarah, M. (2019b). Usaha Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Materi Senyawa Karbon Turunan Alkana Di SMA Negeri 1 Syamtalira Aron. Jurnal Serambi Akademica, 7(5). https://doi.org/10.32672/jsa.v7i5.1519

Ningrum, E. (2016). Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan. Jurnal Geografi Gea, 9(1).

Pramono, A. (2023). Peningkatan Aktifitas dan Hasil Belajar Kimia Materi Kimia Unsur Dengan Pembelajaran Jigsaw Kelas XII IA-1 SMAN 1 Jogorogo Tahun Pelajaran 2021/2022. Educatif Journal of Education Research, 5(2). https://doi.org/10.36654/educatif.v5i2.285

Purwasih, R., Turmudi, & Dahlan, J. A. (2023). Analisis Semiotik Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. 07, 1182–1191.

Rahman, S. (2022). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Rosyidah, U. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 115–124. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1018

Saptanti, K. (2016). Pengembangan bahan ajar pembelajaran kimia materi senyawa karbon turunan alkana dengan model learning cycle 5E untuk peserta didik kelas XII SMA/MA. SKRIPSI Jurusan Kimia-Fakultas MIPA UM.

Suhanda, S., & Suryanto, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Konsep Senyawa Turunan Alkana Melalui Learning Cycle 5E Berbantuan Peta Konsep. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(2), 2652–2664.

Usmad, A. S. (2014). Meningkatkan Mutu Pendidikan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 15(1), 13–31.

Cahyaningsih, F., & Roektiningroem, E. (2018). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis STEM-PBL terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Jurnal TPACK IPA, 7(5), 239-244.

Sianturi, R., Lian, B., & Puspitasari, A. (2020). Strategi Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 1836-1839.

Published

2023-12-30

How to Cite

Mariani Surtiningsih. (2023). Penerapan Model Jigsaw Pada Materi Senyawa Karbon Turunan Alkana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Profesi Pendidikan, 2(2), 107–119. https://doi.org/10.22460/jpp.v2i2.21353

Issue

Section

Articles