ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FOR VBA EXCEL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI MTS NURUL HIDAYAH BATUJAJAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.p%25pKeywords:
Learning Media, VBA for Excel, Mathematics Learning MotivationAbstract
References
Bainy Farhan Nur Aly, Sujadi, I. taufiq. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 135–144.
Bernard, M., Minarti, E. D., & Hutajulu, M. (2018). Constructing Student ’ s Mathematical Understanding Skills and Self Constructing Student ’ s Mathematical Understanding Skills and Self Confidence : Math Game with Visual Basic Application for Microsoft Excel in Learning Phytagoras at Junior High School. International Journal of Engineering & Technology, 7(3.2), 732–736. https://doi.org/10.14419/ijet.v7i3.2.18738
Bernard, M., & Senjayawati, E. (2019). Developing the Students ’ Ability in Understanding Mathematics and Self-confidence with VBA for Excel. Journal of Research and Advances in Mathematics Education, 4(1), 45–56.
E.T.Ruseffendi. (1991). Penilaian Pendidikan dan Hasil Belajar Siswa Khususnya dalam Pengajaran Matematika untuk Guru dan Calon Guru. Bandung.
Euis Eti Rohaeti, Martin Bernard, S. C. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Information Communication And technology (Alat Peraga Inovatif Matematika) dengan VBA Microsoft Excel Suatu Panduan Praktis untuk Guru SD dan Mahasiswa PGSD. Bandung: PT Refika Aditama.
Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. Jurnal Edumath, 3(2), 155–163.
Heris Hendriana, Euis Eti Rohaeti, U. S. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Indriyani, L. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Proses Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kognitif Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, FKIP, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Vol. 2, pp. 17–26).
Nurianti, E., Halini, & Romal. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Mataematika Materi Pecahan Bentuk Aljabar Dikelas VII SMP. Pontianak.
Pebriana. (2017). Peningkatan hasil Belajar Matematika dengan Menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) pada siswa kelas V SDN 003 Bangkinang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 68–79.
Romlah, S., Nugraha, N., Nurjanah, S., & Setiawan, W. (2019). Bandung Dengan Menggunakan Media Ict Berbasis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 220–226.
Salido, A., Misu, L., & Salam, M. (2014). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Matematika Materi Pokok Limit Fungsi Pada Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 5 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 2(1), 1–13.
Siti Chotimah, Ramdhani, Martin Bernard, P. A. (2019). Pengaruh Pendekatan Model-Eliciting Activities Terhadap Kemmpuan Berpikir Kritis Matematik Siswa Smp Negeri Di Kota Cimahi. Journal on Education, 1(2), 68–77.
Susanto, A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media.