ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP BERBANTUAN SOAL ONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p271-282Keywords:
Mathematical Problem Solving Abilities, Contextual Question, PolyhedronAbstract
References
Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, M. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Calon Guru Matematika. Edukasi, 14(1), 169–178.
Fitria, N. . (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 8(1), 49–57.
Hendriana, H., Rohaeti, E.E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skill dan Soft Skill Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.
Hendriana, H & Sumarmo, U. (2017). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Indarwati, D., Wahyudi., & R. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17–27.
Monica, P. . (2018). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. IKIP SIliwangi Bandung.
Munaka, F., Z. & P. (2009). Meningkatkan Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Kontekstual melalui Cooperative Learning di Kelas VIII, SMP Negeri 2 Pedamaran Oki. Pendidikan Matematika, 3(1).
Romika & Amalia, Y. (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Teori Van Hiele. Bina Gogik, 1(2), 17–31.
Ruseffendi, E. . (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Solaikah., Afifah, D. S. & S. (2013). Identifikasi Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 97–106.
Solihah, Silvi Zainatu & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Pemecahan Masalah Geometri berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Musharafa, 6(2), 287–298.
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).
Wahyuddin, W. (2017). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 148. https://doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.9
Widyastono, H. (2015). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.