ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA TINGKAT AWAL DALAM MENYELESAIKAN SOAL ALJABAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.p%25pKeywords:
Error Analysis, two-variable system of linear equations (SPLDV), linear algebraAbstract
References
Abidin, M. Z., Minggi, I., & Jupri, M. (2014). The Description Of Mathematical Problem Solving On SPLDV Material Based On Student’s Personalities. MaPan: Jurnal Matematika & Pembelajaran., 2(1), 52–62. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.24252/mapan.2014v2n1a4
Arnawa, M., Yerizon, & Nita, S. (2018). Errors and misconceptions in learning elementary linear algebra. Journal of Physics: Conference Series (ICMSE). https://doi.org/doi:10.1088/1742-6596/1321/2/022095
Azis, & Nurlita, M. (2017). Simbol Language in Learning Math in School. Proceedings International Seminar on Management, Entrepreneurship and Education for Global Competitiveness (ISMEEGC), 101–105. https://doi.org/DOI: 10.17605/OSF.IO/M8YH6
Dewi, M. A. K., Trapsilasiswi, D., Yudianto, E., Sugiarti, T., & Pambudi, D. S. (2019). Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Kriteria Watson Ditinjau Dari Kemampuan Matematika Dan Gender. Kadikma: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika., 10(1), 56–67.
Ferdiyanto, F., & Yesino, L. (2019). Analisis Kesaahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal pada Materi SPLDV Ditinjau dari Indikator Kemampuan Matematis. SJME: Supremum Journal of Mathematics Education, 3(1), 32–36.
Herlina. (2019). Menentukan Solusi Sistem Persamaan Linear Dengan Menggunakan Metode Dekomposisi Cholesky. AKSIOMATIK: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 6(1), 106–111.
Ilmiah, L., Purnama, S., & , Mayangsari, S. . (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 105–115.
Marsigit. (2012). Kajian penelitian pendidikan matematika. Materi matrikulasi S2 pendidikan matematika. PPS Universitas Negeri Yogyakarta.
Pebriyani, N., Nasihin, D., Meika, I., Yaniawati, R. P., & Firmansyah, E. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. Jurnal PJME, 10(1), 18–24. https://doi.org/10.5035/pjme.v10i1.2444
Pulungan, R. R., & Suhendra. (2019). Analysis of student’s misconception in solving sistem of linear equation in two variables. JInternational Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE). https://doi.org/doi:10.1088/1742-6596/1157/4/042113
Rahayuningsih, P., & Qohar, A. (2014). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) dan scaffoldingnya berdasarkan analisis kesalahan Newman pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 2(2), 109–116.
Rezky, R., & Jais, E. (2020). Hyphotetical Learning Trajectory: Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Mandalika Mathematics and Education Journal, 2(2), 92–101. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29303/mandalika.v2i1.1780
Ruswana, A. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linier Elementer. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 293–299. https://doi.org/doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.111
Santi, R. C. N. (2012). Implementasi Sistem Persamaan Linier menggunakan Metode Aturan Cramer. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 17(1), 34–38.
Spradley, J. P. (n.d.). Metode etnografi (Vol. 2007). Tiara Kusuma.
Vitantri, C. A. (2017). Integrasi concise learning method dengan mind mapping dalam pembelajaran matematika di perguruan tinggi. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 203–221. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.110
Widiyasari, R. (2015). Pengembangan Pembelajaran Matematika Konstruktivis Berbantuan E-Learning Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Matematika Pada Materi SPLDV Kelas VIII. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika., 1(1), 64–81. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.64-81