ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA PERSAMAAN GARIS LURUS BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN
DOI:
https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%25pKeywords:
Straight Line Equation, KastolanAbstract
References
Agustina, L. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menjawab Soal Pembelajaran Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII-2 SMP Negeri 1 Siabu Kabupaten Mandailing Natal (pp. 1–89).
Andriani, D., & Aripin, U. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika dan Kepercayaan Diri Siswa SMP. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2(1), 25–32.
Aripin, U. (2015). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 120–127.
Dinni, H. N. (2018). HOTS ( High Order Thinking Skills ) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176.
Fathimah, N. (2017). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Wonogiri.
Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. IVET Teacherpreneur CAMPUS, 2(1), 107–115.
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV. Indonesian Journal Of Educatinoal Research and Review, 2(2), 210–218.
Lenterawati, B. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2019). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. JPMM (Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika), II(6), 471–482.
Lutfia, L., & Zanthy, L. S. (2018). Analisis Kesalahan Menurut Tahapan Kastolan dan Pemberian Scaffolding dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Journal On Education, 01(03), 396–404.
Natsir, N., Tandiayul, M. B., & Karniman, T. S. (2016). Profil Kesalahan Konseptual dan Prosedural Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Himpunan Di Kelas VII SMPN 1 SINIU. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 03(04), 440–452.
Primayanti, G., Suwu, S. E., & Appulembang, O. D. (2018). Penerapan Metode Drill untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Lentera Way Pengubuan pada Topik Persamaan Garis Lurus. JOHME : Journal of Holistic Mathematics Education, 1(2), 135–149.
Sapitri, Y., Fitriani, N., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Aritmetika Sosial. JPMI : Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 567–574. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.567-574
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika, 123–130.
Tanjungsari, R. D., Soedjoko, E., & Mashuri. (2012). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematika SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1).
Ulfa, D., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Logaritma Menggunakan Tahapan Kesalahan Kastolan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 542–550.
Umam, K., Suryawati, & Septiana, E. (2017). Identifikasi Kesulitan Siswa dalam Memahami Persamaan Garis Lurus di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Serambi Akademika, V(2), 1–6.
Waskitoningtyas, R. S. (2016). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kota Balikpapan pada Materi Satuan Waktu Tahun Ajaran 2015/2016. JIPM : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 24–32.
Yulanda, R., & Yarman. (2018). Analisis Kesalahan Peserta Didik Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Trigonometri Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Pariaman. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 7(4), 121–126.